Rahasia Daihatsu Ayla Pikat Prinsipal Jepang
Unknown | 4:35 AM |
Daihatsu
Jakarta - Mobil murah Daihatsu, Astra Daihatsu Ayla dibuat oleh orang Indonesia. Desain mobil tersebut sanggup mengalahkan hasil desain dari Prancis, Italia dan Jepang. Bagaimana bisa?
"Dipilih desain dari member Jepang, Italia, Perancis, dan Indonesia. Dan 200 pemilih memilih desain hasil Indonesia. Buatan kita terbukti memenuhi karakter konsumen Indonesia," ujar Senior Styling Designer R&D Astra Daihatsu Motor Mark Yoshua Widjaja yang mendesain mobil ini.
Mark menjelaskan, city car dengan 5 penumpang ini tidak hanya bagus pada eksterior melainkan juga interior.
"Dipilih desain dari member Jepang, Italia, Perancis, dan Indonesia. Dan 200 pemilih memilih desain hasil Indonesia. Buatan kita terbukti memenuhi karakter konsumen Indonesia," ujar Senior Styling Designer R&D Astra Daihatsu Motor Mark Yoshua Widjaja yang mendesain mobil ini.
Mark menjelaskan, city car dengan 5 penumpang ini tidak hanya bagus pada eksterior melainkan juga interior.
Mark menjelaskan Daihatsu Ayla |
Pada lampu depan misalnya. Ada beberapa desainer yang memberikan head lamp berukuran besar. Namun Mark memberikan kesan kecil, tapi dengan efek yang besar.
"Lampu ukuran besar, secara cost enggak masuk, untuk dipaksa tidak bisa. Makanya kita beri agak kecil berkesan," ucap Mark.
Selain itu, Mark mampu memberikan kesan mewah dengan siluet yang dibuat sangat aerodinamis.
Mulai dari depan, pilar A hingga ke buritan. Kemudian pada Coupe Lines (terinspirasi dari A-concept) yang coba diterapkan pada mobil tersebut sehingga sangat mengisyaratkan aspirasi orang Indonesia.
Sentuhan tangan Mark berbeda dari desain-desainer lainnya. Untuk mencapai taraf itu, Mark sendiri sudah menjelaskan pada pihak principal bagaimana kondisi market Indonesia.
"Kita undang prinsipal ke sini (ke Indonesia). Mereka kita ajak dengan tema 'Tahu Indonesia' yang artinya mengerti keinginan pasar," papar Mark.
Tidak hanya eksterior, pada interior desain Mark patut diacungi jempol. Contohnya pada doortrim. Pada sektor tersebut dibuat 'shape' (melengkung) agar tangan bisa diletakkan di sandaran.
Tidak sekedar meletakkan, tapi sisi kenyaman juga faktor penting.
"Kita sukses membuat shape pada doortrim. Jadi tangan masih bisa diletakkan di sandara pintu. Enggak keluar jalur," tukasnya.
Daihatsu Ayla |
Dalam kolaborasi Toyota dan Daihatsu ini dalam pembuatan mobil kompak juga dipusatkan pada kenyamanan penumpang. Karenanya perencanaan dan pengembangan untuk Agya maupun Ayla sangat diutamakan pada posisi duduk.
Pantauan detikOto, ketika penumpang belakang dengan tinggi badan 178 cm cukup menyisakan ruang lutut. Lutut tidak mentok ke sandaran kursi depan. Tapi sayang, sandaran kursi depan dan belakang kurang tinggi.
Mobil ini akan diproduksi di Indonesia dan kemungkinan akan diluncurkan di tahun depan. Anda penasaran dengan Ayla dan Agya? Datang saja ke IIMS di JI Expo Kemayoran. Si kembar mobil murah ini tengah dipamerkan di sana sampai akhir bulan nanti.
0 comments:
Post a Comment